TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DENGAN KELOMPOK SASARAN


   A. Penggunaan TIK Dalam Pembelajaran Program Pelatihan

          Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam program pelatihan, sangat diperlukan karena orang yang ikut dalam pelatihan tersebut apa kegunaan teknologi informasi dan komunikasi dan bisa berguna bagi orang tersebut dan mengembangkannya dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan diadakan pelatihan ini, diharapkan peningkatan kerja bagi perangkat desa ini akan lebih memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat desa agar lebih baik dan lebih akurat sehingga wargapun merasa sangat terbantu demikian pula bagi perangkat merasa terbantu dengan penguasaan dibidang IT komputer dalam mengerjakan administrasi desa lebih cepat dan akurat dan memberikan manfaat bagi peningkatan kemajuan desa masing-masing.
Pelatihan ini juga nanti akan diadakan bagi desa-desa yang belum pernah mengikuti pelatihan TIK, agar seluruh aparat desa yang ada dapat lebih mengerti dan paham tentang pemanfaat teknologi sehingga desa tersebut lebih bijak dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi tersebut.
Kegiatan pelatihan ini diawali dengan penyampaian materi melalui metode ceramah mengenai pengenalan TIK serta bagaimana TIK dapat dimanfaatkan bagi proses pembelajaran serta ragam aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu para guru dalam pembelajarannya . Pada pemaparan materi ini, sudah terlihat bagaimana peserta merespon dengan positif, dimana terkadang disela-sela pemaparan ada pertanyaaan yang muncul dari peserta pelatihan. Hal ini dikarenakan sebagian peserta belum mengenal aplikasiaplikasi tersebut, tetapi mereka menunjukan keinginan belajarnya dengan sesekali bertanya. Pada sesi ini juga ditawarkan aplikasi yang akan di fokuskan untuk diperdalam, karena tidak mungkin seluruh aplikasi dapat diberikan dan dikuasai oleh kegiatan yang singkat seperti ini. Aplikasi yang ditawarkan adalah flash, e-learning, learning management system dan microsoft word.
Di sepakati oleh seluruh peserta bahwa untuk flash, e-learning dan learning management system hanya pengenalan saja, sedangkan microsoft word karena berkaitan dengan keseharian mereka sedikit lebih mendalam. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan pengenalan aplikasi flash bagi pembelajaran, pada materi ini peserta diberikan pengantar dan beberapa contoh flash yang dapat meningkatkan minat siswa pada belajar dikarenakan tampilan yang menarik sehingga tidak menimbulkan kebosanan dalam belajar yang dilanjutkan dengan membuka sesi tanya jawab. Ketika sesi ini tanya jawab terlihat antusiasme peserta dengan banyak nya pertanyaan khususnya berkenaan dengan mata pelajaran yang mereka pegang untuk dimungkinkan atau tidak menggunakan aplikasi flash.
Jadi,penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam program harus dibudidayakan atau dikembangkan dan dipahami sehingga dalam memberikan pelatihan kita akan lebih menyampaikannya dengan mudah dan memberi arahan bahwa teknologi informasi sangat berguna bagi orang tersebut.

B. Pemberdayaan teknologi, informasi dan komunikasi dalam pembelajaran program pemberdayaan masyarakat

          Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.
(dikutip dari artikel kementerian komunikasi informatika republik indonesia) mengatakan: "Program Pemberdayaan masyarakat di Bidang TIK ini bertujuan untuk memberikan edukasi, inspirasi dan dorongan kepada masyarakat dengan menampilkan dan menunjukkan tokoh-tokoh secara nyata berkiprah dan berdayaguna diberbagai bidang dengan memanfaatkan TIK.
Tiga program pemberdayaan masyarakat yang diselenggarakan dengan pendekatan keteladan, kekreatifitasn dan keinovatifan yang dimunculkan secara nyata dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Dengan ketiga kegiatan tersebut secara keseluruhan diharapkan dapat menginspirasi dan mengedukasi secara nyata mengenai peningkatan masyarakat di bidang TIK.
Dengan adanya teknologi, informasi dan komunikasi dalam bidang pemberdayaan masyarakat, artinya  dapat mencari pegetahuan dan informasi dengan cara mencari bahan-bahan pembelajaran melalui teknologi informasi tersebut.

C. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pembelajaran program penyuluhan dan/atau iklan layanan masyarakat

          Pengertian penyuluhan dalam arti umum adalah ilmu social yang mempelajari system dan proses perubahan pada individu serta masyarakat agar dapat terwujud perubahan yang lebih baik sesuai dengan yang diharapkan (Setiana. L. 2005). Penyuluhan dapat dipandang sebagai suatu bentuk pendidikan untuk orang dewasa. Dalam bukunya A.W. van den Ban dkk. (1999) dituliskan bahwa penyuluhan merupakan keterlibatan seseorang untuk melakukan komunikasi informasi secara sadar dengan tujuan membantu sesamanya memberikan pendapat sehingga bisa membuat keputusan yang benar. Dalam PLS kita juga menggunakan penyuluhan untuk membuat masyarakat dari tidak tau menjadi tau. Namun kita juga memerlukan iklan layanan penyuluhan yang akan kita laksanakan, seperti menyebarkan leaflet kepada masyarakat, dan leaflet juga salah satu kemajuan teknologi informasi, yang mana kita memanfaat kan aplikasi pada komputer / laptop untuk mendesain agar menarik.

Sumber :
https://mchandramidi.wordpress.com/2015/07/07/peran-teknologi-informasi-dan-komunikasi-untuk-peningkatan-proses-pembelajaran/
https://netisulistiani.wordpress.com/penyuluhan/
http://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-pemberdayaan-masyarakat-dan-contohnya/
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pelatihan

Komentar